Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum

Bandar Bola Online – Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum. Ketika seorang calon ibu dinyatakan positif hamil, pastinya hal tersebut merupakan kebahagiaan seluruh keluarga.

Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum
Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum

Wanita yang hamil tentu akan selalu berusaha menjaga janinnya dengan membatasi aktivitas sehari-hari serta berusaha mengonsumsi makanan yang sehat dan konsultasi ke dokter secara rutin selama 9 bulan masa kehamilan.

Kelahiran sang buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu, hal inilah yang memicu persiapan pasutri untuk melakukan persiapan tersebut. Namun manusia hanya bisa berharap dan berencana. Kadang apa yang diharapkan dan direncanakan tidak sesuai dengan harapan.

Kehamilan yang di dambakan kadang mengalami keguguran di tengah jalan akibat berbagai hal, salah satunya mulai dari adanya kehamilan di luar kandungan atau dengan istilah TORCH, kehamilan anggur dan kehamilan kosong atau dikenal dengan istilah Blighted Ovum.

Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum
Pengertian Kehamilan Kosong Atau Blighter Ovum

Blighted ovum terjadi saat sel telur yang dibuahi di dalam rahim tidak berkembang menjadi embrio. Hal ini juga disebut sebagai kehamilan anembryonic (tidak ada embrio) dan merupakan penyebab utama kegagalan kehamilan dini atau keguguran.

Wanita yang mengalami kehamilan kosong juga akan mengalami beberapa tanda seperti muntah, mual, pembesaran buah dada, terlambat menstruasi bahkan pada test kehamilan menunjukan positif. Bahkan pada wanita yang mengalami kehamilan kosong plasenta menghasilkan hormon kehamilan HCG .

Penyebab kehamilan kosong sebenarnya adalah sebuah tanda ketika tubuh ibu mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenal atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami maka tubuh ibu merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin.

Karena itu tubuh menolak kromosom yang tidak normal yang bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat. Ketika ada sel membelah secara tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

Karena gejala atau tanda-tanda yang tak spesifik, maka umumnya kehamilan kosong ini baru dapat ditemukan khususnya sesudah ibu hamil mengeluh terdapat pendarahan sedikit pada kemaluan mereka. Bahkan hingga mengalami pendarahan dalam jumlah yang banyak dan tidak jarang berlangsung secara spontan.